Pura Taman Mayura di Kota Mataram

Taman Mayura berada di kota Mataram, dikelilingi oleh banyak pertokoan, dan mudah dicapai dari pusat kota.
Kami datang saat hari masih pagi, tidak terencana setelah keliling mencari sarapan khas Pulau Lombok. Sudah ada beberapa pengunjung, tapi tidak terlalu ramai.
Begitu masuk pandangan mata kita langsung tertuju ke bangunan yang berada di tengah kolam. Bangunan tersebut bernama Rat Kere atau Gili yang dalam bahasa Sasak berarti pulau kecil. Bangunan tersebut dipakai untuk tempat berkumpul atau rapat, atau digunakan untuk menerima tamu kerajaan.

pintu masuk Rat Kere

Masuk terus ke dalam taman, sebelah kanan terdapat komplek pura, tempat peribadatan umat Hindu. Suasana religius mulai terasa. Beberapa orang sedang berdoa, dan terdapat sekumpulan pemangku adat sedang beristirahat. Lebih baik kita tidak terlalu berisik di sini, untuk menghormati tempat ibadah.

komplek pura

Selain digunakan untuk beribadah, atau menikmati pemandangan dan juga foto-foto, ada aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini. Yang adalah…..duduk-duduk, memancing, atau gowes sepeda bebek di kolamnya. Lumayan juga, wisata murah meriah buat keluarga. Tempatnya yang rindang bikin betah berlama-lama

memancing

Ohya, kalau yang berkunjung adalah wisatawan, baik dalam maupun luar negeri, biasanya akan diberikan selendang yang diikat di pinggang untuk dipakai selama berkeliling Taman Mayura. Tapi saya tidak ? Karena saat awal kedatangan kami, bapak-bapak petugas bertanya kami berasal dari mana, dan suami menjawab Mataram. Jadilah, saya mengikuti asal suami yang orang lokal, padahal saya kan wisatawan ?

Have a good journey!

Follow me on IG @uphiet_kamilah
Follow me on FB Uphiet Kamilah

By uphiet

An accounting who love books and do traveling to know more about the world than just a page

3 comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *