SEReNDiPitY

Definisi: kesanggupan untuk menemukan suatu keterangan dengan tak disengaja waktu mencari sesuatu yang lain

Lagi baca buku The Perfect Business, ada satu bahasan tentang “Serendipity” yang kata penulisnya, Michael Leboeuf, berarti “menangkap yang tak terduga dengan cekatan”. Tapi Michael Leboeuf sendiri senang menyebutnya “keberuntungan”.

Sebelumnya, pernah juga nonton film berjudul “Serendipity” jaman kuliah dulu (yang akhirnya ditonton lagi gara baca THe Perfect Business ^^). Kisah antara John dan Sara yang tidak sengaja berebut sepasang kaos tangan hitam yang sama di sebuah pertokoan. Karena John merelakan barang itu untuk Sara, Sara menraktirnya di sebuah restoran bernama “Serendipity”. Restoran yang dipilih karena alasan namanya yang terdengar bagus dan sesuai dengan namanya: Ketidaksengajaan yang menguntungkan.
Pertemuan yang hanya beberapa jam itu membekas selama beberapa tahun. Keduanya memutuskan untuk mencari satu sama lain, tapi tak ada hasil. Setelah memutuskan menyerah, sebuah “serendipity” mempertemukan kembali mereka melalui selembar uang 5 dolar dan buku bekas yang bertuliskan nama dan nomor telpon keduanya.
Sara sangat percaya bahwa nasib menentukan segalanya dan percaya ketidaksengajaan, sehingga pada awal pertemuan sengaja melakukan permainan dengan cara membeli sesuatu dengan uang 5 dolar itu dan menjual bukunya.
Sara percaya bahwa kalau nasib mengijinkan, kedua benda itu akan kembali dan mereka akan bertemu lagi.

Seperti halnya film Serendipity, banyak penemuan juga sebetulnya berasal dari ketidaksengajaan. Alexander Fleming menemukan penisilin karena pengamatannya yang tidak disengaja, Isaac NEwton yang mencetuskan teori gravitas ketika dia sedang santai di bawah pohon apel, dan tidak sengaja sebuah apel jatuh dari pohon. Atau mungkin permen bolong yang ternyata hasil dari salah cetak.

Semuanya terdengar seperti spontanitas. Sebuah kebetulan yang ternyata menyenangkan.
Banyak hal yang terjadi dalam kehidupan ini dianggap sebagai sebuah ketidaksengajaan. Mungkin ketika aku membaca buku The PErfect Business juga sebuah ketidaksengajaan aku menemukan kata “serendipity” setelah beberapa tahun yang lalu aku pernah nonton film berjudul sama.

Tapi percayakah kalau semuanya hanya sebuah ketidaksengajaan atau kebetulan? Bukankah di dunia ini tidak ada yang namanya kebetulan?

Anything happens for a reason, right?!?

By uphiet

An accounting who love books and do traveling to know more about the world than just a page

2 comments

  1. mengingatkan aku pada film knowing

    keren keren keren

    awalnya Nicolas Cage (jadi siapa ya di situ lupa aku he2) berpendapat apa yg terjadi di Bumi ini kebetulan (coz dia masih nggak trima dg kematian istrinya)….

    tp pas terakhir2 dia sadar….bahwa…segala hal yg ada di dunia ini walau sekecil atom tak ada yg namanya kebetulan 🙂

    good article

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *