Alun-alun Kota Wisata Batu, Taman yang Tak Lekang oleh Waktu

/, Jawa Timur, Traveling/Alun-alun Kota Wisata Batu, Taman yang Tak Lekang oleh Waktu

Alun-alun Kota Wisata Batu, Taman yang Tak Lekang oleh Waktu

Kota Wisata Batu memiliki banyak sekali tempat wisata. Mulai wisata lawas seperti Selecta atau yang baru seperti jaringan Jatim Park yang tersebar di beberapa wilayah di Kota Wisata Batu. Tapi kalau lagi minim bujet tapi pingin tetap liburan, enaknya kemana? Alun-alun Kota Wisata Batu bisa jadi alternatif yang sangat tepat.

TAMAN BERMAIN

Alun-alun Kota Batu didesain sedemikian rupa menjadi tempat yang ramah anak, terlebih tempat ini bebas asap rokok (smoking area disediakan di sudut-sudut alun-alun).
Dari arah depan, terdapat playground yang bisa dimanfaatkan orang tua untuk mengajak anak-anaknya bermain. Tentu saja biayanya gratis. Orang tua bisa tetap mengawasi dari bangku-bangku yang disediakan tidak jauh dari playground.
 
playground
Di samping playground ada air mancur yang bisa jadi alternatif anak-anak bermain. Siapkan baju ganti karena pasti basah kuyup kalo main di sini. Hehehe….gak seru kan habis seru basah-basahan terus masuk angin 🙁
air mancur
Kalau mau menikmati sejuknya kolam air mancur, kita bisa duduk di tepiannya sambil sesekali terpercik airnya. Meskipun siang, udara yang sejuk membuat kita tetap betah berlama-lama berbincang dengan teman seperjalan atau menyantap aneka jajanan.

Belum lengkap nampaknya ke alun-alun kota wisata Batu kalau kita tidak mencoba menaiki bianglala. Wahana yang tiketnya hanya Rp5.000 untuk sekali putaran ini jadi pengalaman yang berbeda dan satu-satunya hanya ada di alun-alun ini.  Kita bisa menikmati pemandangan kota Batu dari ketinggian, meskipun sayangnya tidak terlalu jelas, karena jendela keranjang bianglala yang tertutup pembatas transparan berwarna kuning. Jadi tidak bisa ambil gambar jelas dari sini.

Banyak remaja yang menjadikan alun-alun kota wisata Batu ini sebagai lokasi foto-foto. Tempat favorit mereka adalah bangku-bangku taman yang berada di tengah alun-alun, yang menghadap replika apel (yang merupakan ikon kota Batu). Mereka tidak peduli dengan panas yang terik (karena di sekitarnya tidak ada pepohonan) asal hasil jepretan mereka instragramable. Hehehe….

WISATA KULINER

Alun-alun kota wisata Batu menjadi paket lengkap dengan aneka jajanan yang tersedia di sekitaran alun-alun.

Sebut saja Pos Ketan Legenda yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Semakin malam, pengunjung semakin berdatangan sehingga kita kadang harus rela menyantap menu ketan favorit kita sambil lesehan di depan Rumah Susu Ganesha yang sudah tutup. Tak jarang kita bertemu dengan sosok tersohor yang juga menjadi pengunjung di sana (Suatu hari saya pernah berpapasan dengan Igor Saykoji saat ke sana).

Rumah Susu Ganesha juga menjadi tempat yang tidak pernah sepi dikunjungi saat pagi sampai menjelang sore. Tidak hanya susu, ada aneka jajanan disediakan. Atau kalau ingin mengkombinasikan bisa saja memakan ketan di Pos Ketan Legenda sambil minum susu yang dibeli di Rumah Susu Ganesha.

Selain kedua tempat tersebut, banyak sekali jajanan murah meriah yang dijajakan oleh lapak-lapak kaki lima yang berada di sekitaran alun-alun. Mulai dari bakso, jagung bakar, cilok, aneka jus, dll. Tinggal milih saja mana yang sesuai selera.

Dengan berkembangnya jaman pun, mulai berdiri cafe-cafe di sekitaran alun-alun. Nah, yang ini sih tinggal memilih mana yang sesuai dengan isi kantong ya. Hehehe…

Jadi, bagaimana dengan weekend di kota Batu?

Have a good journey!

 

Follow me on IG@uphiet_kamilah

Follow me on FB Uphiet Kamilah

By | 2019-01-27T15:47:34+00:00 March 2nd, 2019|Categories: Jawa, Jawa Timur, Traveling|Tags: , |6 Comments

6 Comments

  1. miyosi March 7, 2019 at 2:16 am - Reply

    Senengee diulass hehe
    Kalau dari sisi wisatawan lebih obyektif
    Suwun mbakyu
    Kalau ke sini lagi mampir dunk

    • uphiet March 9, 2019 at 2:15 am - Reply

      Wahhh iya lupa mampir, kirain ikut suami ke sono ?

  2. Riri March 16, 2019 at 5:09 pm - Reply

    Kalo saya demennya kesini malem hari, duduk di sekitar area air mancur menikmati angin sepoi-sepoi sambil ngeliatin lampu bianglala, ahahaha. Tapi sayangnya banyak sampah bekas makanan berserakan dimana-mana.

    • uphiet March 18, 2019 at 2:10 am - Reply

      Wah, padahal sudah disediakan banyak tempat sampah ya 🙁

  3. Tuteh March 28, 2019 at 6:05 am - Reply

    Jadi mupeng pengen ke sana juga hiks …

Leave A Comment