Bersosialisasi di Blogger Perempuan Network

//Bersosialisasi di Blogger Perempuan Network

Bersosialisasi di Blogger Perempuan Network

Bersosialiasi mempunyai arti melakukan sosialisasi.

Sosialisasi adalah:

  1. Usaha untuk mengubah milik perseorangan menjadi milik umum (milik negara).
  2. Proses belajar seorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat dalam lingkungan.
  3. Upaya memasyarakatkan sesuatu sehingga menjadi dikenal, dipahami, dihayati oleh masyarakat; pemasyarakatan.

Dari ketiga arti sosialisasi menurut KBBI di atas, poin (2) dan (3) adalah alasan saya bergabung dengan Blogger Perempuan Network.

Punya blog, nulis panjang lebar, kalau gak ada yang baca kesel juga, kan? Blog sepi seringkali buat mood nulis jadi turun.

Awal-awal punya blog, saya hanya fokus nulis. Gak kepikiran memperkenalkan blog secara terbuka. Berharap ada yang mampir blog saya karena tema yang saya tulis. Wkwkwk…

Salah satu cara mengundang pembaca ke blog kita adalah dengan cara menjemput pembaca yang sesama blogger alias mengunjungi blog lain terlebih dahulu. Istilah kerennya blogwalking. Dengan mengunjungi blog lain, membaca, dan meninggalkan jejak sambil berharap ada kunjungan balik 😀

Secara tidak sengaja saya mengunjungi sebuah blog secara random dan menemukan banner Blogger Perempuan Network ini, dan jadi penasaran apakah itu.

Karena saya bertekad untuk menjadikan nge-blog ini jadi aktivitas rutin, saya harus upgrade kemampuan saya dalam bercerita dan menuangkannya dalam tulisan. Bagaimana caranya? Dengan study banding alias blogwalking ke blog lain. Hahaha… Membaca tulisan orang lain sembari mempelajari gaya penulisan mereka bisa jadi masukan buat tulisan kita ke depannya, tentu saja dengan gaya yang tidak meniru-niru.

Cara paling mudah dalam mempelajari blog-blog lain ini adalah dengan bergabung dengan komunitas. Sebelumnya saya pernah bergabung dengan komunitas pecinta buku di tahun 2011 yang kemudian saya vakum di tahun 2016. Itu pun saya hanya anggota yang pasif 🙂

Lalu kenapa sekarang gabung dengan Blogger Perempuan Network?

  1. Ada beberapa komunitas blogger yang saya temui saat kembali aktif nge-blog tahun ini, tapi saya jatuh cinta pada pandangan pertama pada komunitas ini. Hehehe… Sempat join di komunitas lain, tapi malah keteteran karena gak bisa multitasking dan mungkin juga karena saya orang yang setia 😀
  2. Karena isinya adalah kumpulan perempuan, saya berkeinginan untuk belajar sudut pandang kepenulisan dari perempuan-perempuan lain melalui tulisan mereka.
  3. Bonusnya, saya bisa update tulisan terbaru blog saya di komunitas ini sehingga mengundang sesama anggota komunitas untuk berkunjung ke blog saya.
  4. Kalau ada gathering mungkin saya susah untuk ikut serta karena waktu dan tempatnya, tapi event semacam #BPN30daychallenge2018 ini hanya bisa ditemui kalau kita bergabung di komunitas ini.

Kira-kira alasan saya sudah cukup meyakinkan belum ya? 😀

 

@uphiet_kamilah

By | 2018-11-23T05:00:10+00:00 November 23rd, 2018|Categories: Uncategorized|Tags: , |4 Comments

4 Comments

  1. Miyosi November 23, 2018 at 7:38 am - Reply

    Bener bgt buk
    Studi banding
    Aku pun
    Beda dah bahasany asn wkkk

    • uphiet November 23, 2018 at 12:58 pm - Reply

      Wkwkwkwk, baru nyadar eeeyyy 😁😁

  2. Nia November 23, 2018 at 12:02 pm - Reply

    Seru ya bergabung di Blogger Perempuan, salam kenal Kak 😉

    • uphiet November 23, 2018 at 12:59 pm - Reply

      Salam kenal juga kak, terima kasih sudah berkunjung 😊

Leave A Comment