Deretan Pantai Terindah di Indonesia versi Uphiet

/, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Lombok, Sumatra, Traveling/Deretan Pantai Terindah di Indonesia versi Uphiet

Deretan Pantai Terindah di Indonesia versi Uphiet

Tidak lagi dipungkiri Indonesia adalah surganya pantai-pantai cantik. Tersebar di banyak tempat di pulau-pulau Indonesia yang jumlahnya mencapai belasan ribu itu. Pastinya saya belum mengunjungi semuanya, karena memang terbatas waktu dan bujet. Hehehe….

Beberapa pantai yang saya datangi seringkali membuat saya tidak bisa berkata-kata saking takjubnya. Entah garis pantainya, warna lautnya, ombaknya. Ah, jadi pingin mantai kalo gini 😀

Nah, berikut adalah pantai-pantai cantik nan indah yang saya pernah datangi, sepanjang perjalanan saya ke beberapa tempat di Indonesia (gaya banget di Indonesia, padahal ya ke situ-situ aja :D)

  • Pantai Amal, Tarakan, Kalimantan Utara

Berkunjung ke Kalimantan untuk pertama kalinya di akhir tahun 2016, membuat saya terlalu bersemangat. Apalagi mengetahui Pulau Tarakan ini berada di ujung atas (dalam peta) wilayah Indonesia, dan sangat dekat dengan Malaysia. Setengah tidak percaya berada di tempat sejauh ini dari rumah, bahkan mengalahkan rasa senangnya menginjakkan kaki di Singapura 😀

Waktu itu suasana Pantai Amal sangat tenang, tidak banyak pengunjung. Air sedang surut waktu saya datang, tapi tidak mengurangi keindahannya. Membayangkan sunset di sini pasti tidak kalah indah dengan pantai di Sumba (sok tau banget. Hahaha…) tapi sayangnya pantai ini bukan sunset point jadi ya gak bisa melihat matahari tenggelam di kejauhan lautan.

Ke Pantai Amal akan berkesan jika kita menikmatinya dengan sepiring kerang kapah dan singkong goreng dan disempurnakan dengan es kelapa muda. Nikmatnya… sampai lupa sebentar kalau matahari di Kalimantan ini sungguh panas luar biasa.

  • Pantai di Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Tepatnya di area dermaga Pulau Derawan. Saya jatuh cinta pada pandangan pertama dengan sunset cantiknya yang seakan-akan keluar dari sebuah lukisan. Laut biru dan langit biru dipisahkan oleh pendar cahaya jingga yang begitu cantik. Sunset yang membuat saya rindu kembali ke sana…someday….

  • Pantai-pantai di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat

Kalau berbicara Lombok tidak akan habis lagi dan lagi. Hihihi… Pertama kali ke Lombok awal tahun 2015 dengan rekan sekantor. Berkeliling ke pantai-pantai cantik di Lombok Tengah seperti Pantai Mawun dan Pantai Kuta Mandalika. Pantai Mawun menjadi favorit saya karena suasananya yang tenang dan tidak terlalu touristy bahkan sampai terakhir saya ke sana (di bulan April 2019) pantai itu tidak banyak berubah. Diapit dua bukit di kanan kiri membuat pantai Mawun seperti surga tersembunyi.

Pantai Selong Belanak tidak kalah indahnya dengan deburan ombak yang cocok untuk surfing. Kalau ingin mendapatkan tempat sedikit private, berjalanlah sedikit ke arah Laut Biru Bar & Restaurant. Setelah tempat itu tidak lagi ada warung-warung berdiri, dan view cantik nan mempesona bisa didapat. Kalau beruntung bisa menyaksikan kerbau yang berjalan sepanjang garis pantai Selong Belanak.

Pantai Seger menjadi pantai yang paling indah di Lombok Tengah, apalagi jika air surut seperti saat saya ke sana. Mesmerizing kalo kata orang bule. Hehehe… apalagi ada patung Putri Mandalika di tengah-tengahnya yang bisa kita capai saat air laut surut.

Pantai-pantai di pulau-pulau kecil di Lombok tidak luput dari kategori indah versi saya. Gili Trawangan, Gili Air, Gili Nanggu, dan pulau-pulau kecil di Lombok Timur mempunyai pantai yang indah dan bikin betah berlama-lama. Kalau di Gili Trawangan dan Gili Air bisa dinikmati sambil berjemur atau nongkrong cantik di kafe-kafe yang banyak berada di tepi pantai. Belum lagi kalau ada ayunan pantai yang sengaja dipasang demi spot foto 🙂

Sedangkan di Gili Nanggu atau pulau-pulau kecil di Lombok Timur, kita bisa menikmati keindahannya dengan berjalan berkeliling pulau sepanjang garis pantai seakan pulau milik pribadi.

Maafkan kalau saya menjabarkan banyak pantai indah di Lombok, karena sejak menikah dengan orang Lombok frekuensi saya pergi ke pulau ini bisa rutin beberapa kali dalam setahun. Dan saya tentunya tidak akan melewatkan agenda pergi ke pantai 😀

  • Pantai-pantai di Pulau Belitung dan sekitarnya

Salah satunya adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini indah dalam level yang berbeda. Jika pantai-pantai lain terhampar garis pantai dengan butiran pasirnya yang putih dan halus. Pantai Tanjung Tinggi mempunyai ciri khas batu-batu besar yang bertumpuk tidak beraturan di tepi pantainya. Rata-rata pantai di Pulau Belitung memang memiliki ciri khas batu-batu besarnya. Seakan dengan tidak sengaja ditumpuk, tapi tersusun begitu indah. Coba datang menjelang sunset, biar dapat pemandangan yang semakin mempesona. Saya sukses tersihir di sini dan gak mau pulang 😀

Pantai Tanjung Kelayang juga tak kalah indah. Pasir putih, laut biru, suasana tenang, adalah definisi lain dari kata indah tentang pantai (buat saya). Beberapa batu besar tersebar tidak sebanyak Pantai Tanjung Tinggi,

Pantai di Pulau Lengkuas juga begitu indah. Dengan batu-batu besarnya dan background mercusuar yang menjulang tinggi di tengah pulau. Perjalanan laut yang sedikit menegangkan pun bisa terlupa kalau melihat pemandangan seperti ini.

***

Saya yakin ada banyak pantai yang tidak kalah indah dibanding pantai-pantai yang saya pernah datangi di atas. Semoga perjalanan saya berikutnya membawa saya menelusuri pantai-pantai indah lainnya di bagian lain Indonesia. Hihihi… Kalau kalian, mana pantai terindah yang pernah didatangi?

11 Comments

  1. […] Baca Selengkapnya […]

  2. Farah Salsabila August 26, 2019 at 4:02 am - Reply

    Cantik memang ya, mari mba ke pulau Bangka (bangka ya bukan belitung nya), disana juga cantik loh hehe.

    • uphiet August 26, 2019 at 7:14 am - Reply

      Semoga suatu saat bisa ke Bangka ?

  3. fanny f nila September 5, 2019 at 3:49 am - Reply

    aku harus akuin, pantai2 di Indonesia memang cuantiiik bangetttt :D. cuma kdg bbrp di antaranya ga terlalu terawat. bbrp dr pantai di atas pernah aku datangin, kayak pantai di belitung, takjub liat batu2 besarnya..

    tapi jujur aja, walo rutin traveling, pantai itu bukan favorit wisataku :D. Karena aku g kuat panas mba, suka sakit kalo kena panas. makanya kenapa aku lbh sering ke LN, dan selalu pas winter, itu krn ga kuat panas tadi :D. sayangnyaaaa, di indonesia karena negara kepulauan, kebanyakan pantai di mana2 hihihi.. daerah dinginnya cuma dikit, fav ku msh dieng.

    Tapi bukan berarti ga bangga ama wisata negeri sendiri. ttp suka, ttp aku ceritain ke temen2ku di LN, hanya saja memang jrg aku dtgin. palingan kalo ksanapun, aku cari aman, berteduh biar ga pusing kena panas nya 😀

    • uphiet September 5, 2019 at 6:00 am - Reply

      Kebalikan saya mbak, saya gak kuat dingin karena biasanya langsung muncul alergi bersin2, hidung mampet 😀
      Beberapa kali pingin ke dieng gak jadi2, ujungnya bolak balik ke bromo aja yang deketan dari rumah 🙂
      Salah satu yang bikin galau kalau ke tempat wisata di Indonesia adalah kesadaran penggunanya yang masih kurang 🙁

  4. Rumi September 5, 2019 at 6:35 am - Reply

    Masyaallah indah-indah banget ya Mbak. Saya belum pernah semua tuh ke pantai yang Mbak rekomendasikan. Indonesia memang luar biasa alamnya, di Sulawesi Tengah juga banyak hidden paradise berupa pantai yang masih ranum Mbak. Terima kasih sharingnya!

    • uphiet September 5, 2019 at 7:04 am - Reply

      Wah belum pernah ke Sulawesi Tengah, semoga suatu saat ada kesempatan ke sana 🙂

  5. Bang Day September 7, 2019 at 6:35 pm - Reply

    Wuih keren mb Uphiet mainnya dah jauh2. Saya baru menikmati yang lombok n bali aja

    • uphiet September 9, 2019 at 12:22 am - Reply

      Itu sewaktu masih bujang, sekarang kalo jauh-jauh mikir bujetnya berkali-kali 😀 😀

  6. febridwicahya October 14, 2019 at 1:55 pm - Reply

    Semuanyaaaaa bagoooooos.

    Tapi gilitrawangan ku penge ke sana 🙁

Leave A Comment