Menyusuri Pantai-Pantai Cantik di Lombok Tengah

/, Traveling/Menyusuri Pantai-Pantai Cantik di Lombok Tengah

Menyusuri Pantai-Pantai Cantik di Lombok Tengah

Lombok Tengah terkenal dengan wisata pantainya yang indah dan berpasir putih, serta berjarak dekat dari Bandara Internasional Lombok. Dalam satu hari kita bisa mengunjungi beberapa di antaranya sekaligus.

Berikut adalah beberapa pantai yang saya kunjungi dalam sehari.

 

Pantai Kuta Mandalika
 
Pertama kali ke sini bulan Februari 2015, dalam kunjungan kedua saya di tahun ini, perubahannya sangat drastis. Lebih tertata, dipercantik, dan sudah banyak disediakan fasilitas penunjang seperti area bermain anak-anak dan water activities.
Pantai Kuta yang ini jauh lebih cantik dibanding Pantai Kuta Bali yang sudah penuh sesak dengan pengunjung. Pantai berpasir putih dengan laut biru dan gugusan karang di kejauhan dan bukit-bukit kecil menjadi ciri khas pantai-pantai di Lombok Tengah, termasuk di Pantai Kuta.

Untuk mencapai pantai ini cukup dekat dari arah bandara. Kurang dari satu jam waktu yang ditempuh melalui Sengkol. Aktifkan saja google map pada ponsel supaya tidak tersesat.

Dengan semakin terkenalnya kawasan Pantai Kuta, semakin berkembang pula industri wisata di sana. Banyak bermunculan restoran, cafe, penginapan, sebagai penunjang jika wisatawan ingin berlama-lama di pantai ini.
Pantai Kuta Mandalika
Pantai Seger
Dari arah Pantai Kuta Mandalika, hanya butuh 15 menit waktu tempuh menuju Pantai Seger. Masih segaris pantai dengan Pantai Kuta, di sini terdapat patung Putri Mandalika yang menjadi cerita legenda di Pulau Lombok ini. Kalau laut sedang surut, kita bisa turun dan berfoto dengan latar belakang patungnya.
Patung Putri Mandalika behind us
Selain patung putri mandalika, Pantai Seger juga memiliki bukit yang bisa didaki untuk menikmati view dari atas bukit. Bukit ini dikenal sebagai tempat syuting film Raditya Dika berjudul Single.
 
pemandangan dari atas bukit
Di pantai ini banyak kerbau berkeliaran, dan beberapa sedang merumput di atas bukit. Hal ini adalah pemandangan yang wajar di pantai-pantai Lombok Tengah.

 

pemandangan dari atas bukit
Pantai Batu Payung
Dari Pantai Seger, Pantai Batu Payung berjarak 5,8 km dengan waktu tempuh 20 menit. Berada di garis pantai Tanjung Aan, pantai Batu Payung mulai terkenal sejak dijadikan lokasi syuting iklan sebuah rokok.
Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mencapai Pantai Batu Payung.
Cara pertama yang paling umum adalah menaiki perahu dari Tanjung Aan, selama 15 menit, dan berjalan kaki 5 menit. Tarifnya sekitar 100ribu.
Cara kedua yang saya tempuh hari itu adalah berjalan kaki mengitari bukit Tanjung Aan pada saat air surut. Butuh waktu sekitar 30 menit, tapi kita tidak akan pernah bosan dengan pemandangan di kanan bukit dan di kiri laut. Sesekali terlihat monyet liar di atas bukit.
rute mengitari bukit
Batu Payung ini tidak melulu terlihat seperti payung, tergantung dari sudut mana kita melihatnya.
Batu Payung

 

Batu Payung

Tidak perlu khawatir haus, karena di tempat ini ada pedagang yang menjajakan minuman kelapa muda. Tapi sayangnya, dagangan mereka membuat foto Batu Payung agak sedikit tidak elok dipandang. Mereka menaruh kelapa-kelapa muda tersebut di bawah Batu Payung yang jadi obyek foto orang yang berkunjung ke tempat itu. Bahkan terkadang mereka mencantolkan kresek atau plastik-plastik pada Batu Payung tersebut.

Pantai Batu Payung tidak memiliki pasir pantai, hanya bebatuan karang. Tapi pantai ini menjadi lokasi yang tepat untuk menyaksikan sunset. Tapi karena kami terbatas waktu dan khawatir air pasang, kami pun melewatkan sunset moment, dan mengitari kembali bukit Aan melewati pantai yang untungnya air masih surut ?
pemandangan di seberang batu payung
Have a good journey!
By | 2018-10-18T07:30:13+00:00 July 27th, 2018|Categories: Lombok, Traveling|Tags: , , |2 Comments

2 Comments

  1. Dewi Ratih Purnama July 30, 2018 at 12:04 pm - Reply

    Waktu ke lombok cuma main sebentar aja di tanjung aan.. sayang aq ga sampe ke pantai batu payung.. salam kenal mba.. aq juga ada artikel waktu ke lombok, mampir ya

  2. Uphiet July 30, 2018 at 12:16 pm - Reply

    Salam kenal juga. Banyak wisata menarik di Lombok yang belum begitu terkenal ?

Leave A Comment